Architecture Design

Rabu, 11 Agustus 2010

Tips Memilih Sekolah


 

Memilih Tempat pendidikan adalah hal yang sangat perlu diperhatikan bagi orang tua, yang ingin menyekolahkan anaknnya. Hal ini karena berhubungan langsung dengan anak setelah ia memasuki komunitas belajarnya. Salah – salah memilih sekolah akan menyebabkan anak mengalami depresi dan hilangnya minat belajar anak. Berikut ini tips memilih sekolah :
1. Sekolah dengan Pendidikan Karakter Keimanan
Pilih sekolah yang sesuai dengan karakter keimanan anak, usia pendidikan dasar membutuhkan lingkungan / komunitas belajar yang sesuai dengan karakter keimanan anak. Pada usia emas ( golden Age) pendidikan karakter (kristiani) perlu diberikan sedini mungkin tujuannya adalah pembentukan karakter Kristen yang ditumbuhkan sejak dini.
2. Sesuai dengan Kebutuhan Anak
Pilih sekolah sesuai dengan kebutuhan pendidikan anak. Pilihlah pendidikan yang sesuai dengan kemampuan dan minat anak. Menempatkan anak dengan kemampuan yang pas- pasan di sekolah akselerasi tentu membuat kondisi anak menjadi tertekan. Yang perlu diingat bahwa masa pendidikan dasar adalah masa dimana anak – anak sangat membutuhkan waktu untuk bermain.
3. Metode & Fasilitas Pendidikan
Dibeberapa sekolah memberikan metode pengajaran yang menarik dan menyenangkan ditengah beban standard kurikulum yang semakin berat. Fasilitas Sekolah juga merupakan salah satu faktor penting yang mendukung keberhasilan anak dalam proses belajar.
4. Komunitas Belajar yang sehat
Setelah anak masuk dalam lingkungan belajar, hal yang pertama kali adalah ditemui teman – teman yang berasal dan latar belakang sosial yang berbeda. Jika latar belakang sosial teman – teman sebayanya buruk tentunya akan mempengaruhi perkembangan sosial anak. Komunitas belajar yang sehat membantu memnciptakan karakter sosial anak yang sehat pula.
5. Biaya Pendidikan
Sekolah yang baik kadangkala membutuhkan biaya pendidikan yang tidak sedikit. Ini berkaitan dengan penyedian sarana belajar yang lengkap. Ada banya biaya yang harus diperhitungkan selain uang sekolah dan uang masuk. Biaya buku, les belajar, dll kadangkala jauh lebih mahal daripada uang sekolah anak.
Dari beberapa hal tsb, hal yang terpenting dalam memilih anak adalah berpusat pada anak, bukan karena egois orang tua semata. Jika anak anda merasa nyaman dan dapat mengembangkan dirinya baik secara intelektual maupun secara sosial secara optimal , hal inilah yang menjadi indikator kesesuain anak dengan sekolah yang orang tua pilih!

Tidak ada komentar: